Pages

Friday, April 15, 2016

Manajemen Humas

Manajemen Hubungan Masyarakat - Ketika kita berada di suatu organisasi harus ada pembagian PR (public relations). Dimana divisi ini bertanggung jawab atas hubungan dengan organisasi masysrakat di mana organisasi berada. Ini adalah rasa sederhana public relations.

Dikutip dari kampungwirausaha.com, public relations ketika dalam hal asing hubungan pubilc. Namun meurut Rachmad Kriyanto pemerataan tepat dari kedua kerang. Jadi meskipun istilah ini sudah digunakan dalam penamaan PR di masyarakat.

Sementara itu, menurut Dana kamus dan Wagnel, public relations adalah semua kegiatan dan teknik yang digunakan sebuah organisasi atau individu untuk menciptakan atau mempertahankan sikap yang baik dan respon dari pihak luar untuk keberadaan dan aktivitas.

Jadi kita dapat mengatakan PR manajemen (public relations) adalah salah satu proses dalam menangani perencanaan, pengorganisasian, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan serius dan rasional menuju tujuan bersama untuk sebuah institusi.

Menurut M. Sobry Sutikno PR telah tugas utama, berikut ini adalah tugas utama PR:

1. Menjadi perantara dari para pemimpin di sosial serta memberikan informasi kepada masyarakat atau pihak lain yang membutuhkan informasi dari organisasi.

2. Membantu pemimpin dalam hal mempersiapkan semua materi yang berkaitan dengan kasus serta informasi yang akan diberikan kepada orang-orang yang menaraik pada waktu tertentu.

3. Membantu pemimpin dalam mengembangkan rencana dan kegiatan tindak lanjut yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat, sebagai konsekuensi dari komunikasi timbal balik dengan pihak eksternal untuk meningkatkan harapan perbaikan dari kegiatan yang dilakukan atau organisasi.

4. Memberikan informasi dan ide-ide kepada masyarakat atau pihak-pihak lain yang menjadi sasaran organisasi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa peran PR sangat penting bagi suatu organisasi, dengan PR yang baik maka hubungan antara masyarakat dan organisasi juga akan terjali baik. Dengan hubungan ini akan membagikan manfaat bagi perusahaan dan masyarakat.

Yang membutuhkan orang yang baik dalam posisi komunikasi dalam PR ini. Dengan komunikasi yang baik akan memudahkan PR dalam memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak salah persepsi dari informasi yang diberikan.

Nah jadi adalah penjelasan dari manajemen Humas, mudah-mudahan dengan informasi yang hanya menambah pengetahuan kita tentang manajemen Humas. Terima kasih telah membaca artikel kami, lihat artikel lainnya.

No comments:

Post a Comment